KOLONEL INF. MULYONO (DANSEKTOR 4): DALAM RANGKA KETAHANAN PANGAN PERLU BERSINERGI DENGAN APARAT DESA

0

Perantaranews/Majalaya – “Kebutuhan sarana lahan bagi salahsatu program Sektor 4 yaitu ketahanan pangan perlu bersinergi dengan berbagai pihak termasuk dengan aparat desa. Kita perlu bersinergi dengan Kepala Desa yang memiliki kewenangan penggunaan tanah negara hingga dapat digunakan sebagai sarana dan wahana bagi program ketahanan pangan,” kata Kolonel Inf. Mulyono saat memberikan keterangan kepada awak media di Posdam Majalaya.

Koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak perlu dilakukan oleh semua pihak dalam rangka mewujudkan program-program yang bagus. Begitu juga dengan program-program yang dicanangkan oleh satgas Citarum Harum Sektor 4 yaitu ketahanan pangan yang telah melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Padamulya di Posdam Sektor 4 yang terletak di area Pasar Bingung Majalaya Kabupaten Bandung pada hari Jumat (15/01/2021) dari pukul 09.30 hingga 11.30 wib.

Dalam pertemuan koordinasi tersebut, Dansektor 4 Kolonel Inf. Mulyono memaparkan program-program yang ada dalam penerapan Citarum Harum secara umum dan program dari Sektor 4 kepada Iwan Kartiwa selaku Kepala Desa Padamulya yaitu ketahanan pangan. “Ketahanan pangan sangat penting karena kebutuhan pangan bukan sesuatu yang harus di nanti-nanti tapi harus segera diwujudkan,” katanya. “Kita selaku pemegang amanat program Citarum Harum yang salahsatu perintah Pangdam yaitu mewujudkan ketahanan pangan bagi warga sekitar sungai menjadikan program ini sebagai program unggulan selain membersihkan dan mengembalikan ekosistem sungai,” lanjutnya lagi.

Kolonel Inf. Mulyono dengan lugas memaparkan kepada Kepala Desa Padamulya beberapa hal terkait kebutuhan lahan dan masyarakat yang bisa melakukan pekerjaan bersama satgas Citarum Harum Sektor 4 dalam rangka ketahanan pangan ini.

Sementara itu Iwan Kartiwa selaku Kepala Desa mengakui bahwa apa yang menjadi visi misi satgas Citarum Sektor 4 sangat pas dengan apa yang menjadi visi misi nya selaku Kepala Desa yaitu mensejahterakan warga melalui kegiatan-kegiatan perekonomian termasuk ketahanan pangan. “Kita sadar bahwa warga membutuhkan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka termasuk kegiatan seperti bertani. Tentunya saya selaku Kepala Desa sangat antusias dengan apa yang dilakkan oleh satgas Citarum Harum Sektor 4 ini dan akan mengakomodir apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan visi misi ini,” papar Iwan.

Dalam pertemuan koordinasi tersebut Kolonel Inf. Mulyono dan Iwan Kurniawan selaku Kepada Desa Padamulya juga membicarakan beberapa permasalahan lain terkait kondisi sosial dan perekonomian serta kendala yang ada di wilayah Desa Padamulya dan desa-desa lain di Majalaya termasuk Perdes yang merupakan salahsatu produk aturan yang dikeluarkan oleh perangkat desa untuk mengatur warganya. “Perdes menjadi salahsatu alat untuk mengatur kondisi sosial serta kehidupan warga dari berbagai sisi,” kata Iwan.

Kolonel Inf. Mulyono juga dalam kesempatan tersebut memberikan beberapa masukan mengenai Perdes. “Yang paling penting jangan sampai Perdes ini merugikan sebagian pihak. Harus bermanfaat bagi semua pihak termasuk para pengusaha yang sangat banyak di wilayah Majalaya ini,” tuturnya.

Dalam pertemuan koordinasi ini akhirnya disepakati beberapa hal termasuk program ketahanan pangan yang akan dijadikan sebuah program bersama dengan para Kepala Desa di wilayah kerja satgas Citarum Harum Sektor 4. “Saya berharap kerjasama yang akan terjalin nanti bisa saling menguntungkan semua pihak terutama masyarakat di Majalaya ini,” pungkas Kolonel Inf. Mulyono. Perantaranews/Bans

Share.

About Author

Leave A Reply