PELTU EDY PURWANTO (DANSUBSEKTOR 06-21) : KAMI DAN WARGA BERSEMANGAT MENCIPTAKAN KERAPIHAN LINGKUNGAN

0

Perantaranews/ Citepus – “Agar lingkungan terlihat rapi, maka salahsatu hal yang harus dilakukan oleh kami adalah membersihkan bantaran dan aliran sungai dari sampah. Kami dan warga dengan semangat menciptakan kebersihan dan kerapihan lingkungan,” kata Peltu Edy Purwanto selaku prajurit satgas Citarum Harum sekaligus Dansubsektor 06-21 saat memberikan keterangan kepada awak media.

Giat membersihkan aliran dan bantaran sungai dari sampah bersama warga yang tergabung dalam Gober serta komsos telah dilaksanakan oleh satgas Citarum Harum subsektor 06-21 pada hari Rabu (12/06/2019) dipimpin langsung oleh Peltu Edy Purwanto selaku Dansubsektor 06-21 bersama anggota satgas Citarum Harum dan beberapa anggota Gober.

Dalam keterangannya Dansubsektor mengungkapkan bahwa kegiatan dimulai sejak pukul 07.00 wib. dengan melaksanakan apel pagi pengecekan kesiapan personel. “Sekitar pukul 07.30 wib. kami bersama anggota Gober  melanjutkan  giat pembersihan dan pemotongan rumput liar, ilalang, semak belukar dan tumbuhan yang hidup liar di bantaran sungai,” kata Dansubsektor. “Kami juga mengambil sampah-sampah yang ada di aliran sungai,” lanjutnya lagi.

Sementara itu bantaran sungai yang dibersihkan adalah bantaran sungai Citepus yang terletak disebelah timur wilayah kampung Bojongsuren Rw.11 kelurahan Pasawahan, kecamatan Dayeuhkolot. “Panjang sungai yang kami bersihkan sepanjang 200 Meter,” ujar Dansubsektor. “Sampah yang ada di pinggir sungai diambil dan dikumpulkan di bak sampah yang ada di dekat bantaran,” lqnjutnya lagi.

Pada pukul 11.00 wib. satgas melaksanakan ishoma terlebih dahulu dan giat berlanjut pada pukul 13.30 wib. dengan melaksanakan pengawasan sampah yang berada di bak sampah bakar kampung Bojongsuren kelurahan Pasawahan dan kampung Sekeandur desa Cangkuang Wetan kecamatan Dayeuhkolot lalu melaksanakan  proses pembakaran.

Pada pukul 15.30 wib. satgas melaksanakan giat sosialisasi kepada masyarakat dan mengajak supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai.

“Pukul 16.00 wib. seluruh kegiatan selesai dan satgas Kembali ke posko untuk istirahat,” pungkas Dansubsektor. *perantaranews/Bans

Share.

About Author

Leave A Reply